Hidup di negeri orang, dengan culture baru, apa-apa serba baru menyisipkan sebuah tantangan tersendiri. Bagi temen-temen petualang, survival merupakan salah satu ketrampilan yang sangat diperlukan. Bagaimana dapat bertahan hidup di hutan, di pegunungan, di tempat-tempat yang belum terjamah oleh manusia.

Kemampuan survival tersebut ternyata juga diperlukan meskipun tidak sedang dalam hutan. Hidup di negeri orang dengan berbagai pernak-pernik yang serba baru, serba beda juga menuntut kemampuan survival. Untuk dapat bertahan hidup di negeri orang, selain kemampuan berkomunikasi dengan orang lokal, kemampuan untuk mengakses informasi seputar lokasi baru juga akan sangat membantu.

Berikut ini beberapa informasi yang mungkin bermanfaat bagi temen-temen mahasiswa yang baru datang di Kota Enschede:

Catatan: Silahkan lihat di halaman Map untuk melihat lokasi toko/supermarket

Makanan

Banyak toko sampai supermarket yang menyediakan berbagai bahan makanan khas Asia. Jadi anda tidak perlu khawatir akan selalu makan roti dan keju ketika hidup di kota ini. Dengan berbekal kemampuan masak-memasak ala Pramuka, anda dapat mengolah masakan itu menjadi menu harian yang lezat, serasa masih di Indonesia.

Toko (bahan) makanan Asia:
1. Peter Hu
2. Tai WIng
3. Het van Oosten

Di toko-toko ini mahasiswa Indonesia berlangganan untuk membeli bahan-bahan makanan ala Asia, seperti tempe, tahu, kacang panjang, bayam, bumbu pecel instan, sambel oelek, kerupuk, beras, bakmi, lumpia, ikan asin, bumbu-bumbu instan, dan yang nggak ketinggalan berbagai macam mie instan. Di bandingkan di Indonesia, harganya jelas lebih mahal tetapi demi menjaga lidah terhadap rasa Indonesia, eem… dibeli juga.

Dari ketiga toko di atas, toko Peter Hu menawarkan harga-harga barang yang lebih murah. Tapi ya itu lumayan jau…………..h.

Toko (daging) Halal
Jika sudah kebelet, nggak tahan ingin makan daging, jangan khawatir. Paling tidak ada 4 toko yang menyediakan daging halal mulai dari ayam, kambing, sapi, sampai kelinci juga ada. Keempat toko tersebut adalah Toko Zaitunah, Atlas, ADA dan Andalucia. Harganya untuk 1 kilo ayam ~2.5 euro.

Supermarket (makanan)
Jika ingin membeli (bahan) makanan ala barat, dapat meluncur ke salah satu supermarket berikut: Plus, Aldi, dan AlbertHein. Banyak jenis roti tersedia di supermarket tersebut. Aneka minuman, juz, buah-buahan segar, cips, coklat, susu, madu, dsb. Dalam segi harga, supermarket Aldi banyak memberikan harga yang relatif lebih murah.

Caution: Hati-hati dalam membeli makanan. Selalu periksa ingredient-nya. Jika mengandung kode E tertentu, sebaiknya ditinggalkan karena haram. Berikut kode E dalam makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh Muslim: E120, E140, E141, E252, E422, E430, E431, E470, E471, E472(a), E472(b), E472(c), E472(d), 472(e), E473, E474, E475, E477, E478, E481, E482, E483, E491, E492, E494. (Klik disini untuk melihat file lengkapnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s