Kebunku

Standard

Teringat sebuah lagu di jaman kanak-kanak dulu

Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar Melati semuanya indah…

Inilah sebagian aktivitasku mengisi waktu luang. Berkebun dengan menanam aneka sayur dan buah-buahan yang dapat tumbuh di halaman samping rumahku. Tomat, cabai, terong, kangkung, ketela pohon, bengkoang, kacang panjang, melon, semangka, markisa, rosela, klengkeng, jeruk, dan masih banyak lagi. Emm…ketika sudah mulai tumbuh, keluar dari dalam tanah, hati mulai senang. Kesenangan bertambah ketika mereka mulai berbunga dan berbuah. Terbetik sebuah perasaan mendalam di hati, sungguh Alloh Maha Kuasa menumbuhkan tanaman dari biji-bijian di muka Bumi. Allohu akbar!

Ide mananami lahan kosong di samping rumah berawal ketika saat menempati rumah, terasa pandangan ke pekarangan kosong, hanya tanah kering. Alangkah indah jika lahan ini berwarna-warni dengan aneka warna tanaman sayur dan buah-buahan. Mata akan senang melihatnya, hati akan teduh merasakannya. Hijau ranau diselingi kuning, merah, seburat warna-warna bunga dan buah-buahan.

Haura, putriku pun ikutan senang dengan tanaman. Setiap makan buah yang berbiji, dia selalu meminta abi dan uminya untuk menanam biji-biji itu. Semoga ini juga salah satu upaya pendidikan cinta lingkungan baginya yang bermanfaat di masa depannya.

Ya Alloh, Engkau tumbuhkan tanaman dari biji-bijian di muka Bumi sebagai rizki bagi ummat manusia. Segala Puji hanya pantas dihaturkan kepadaMu.

Robbanaa maa kholaqta haadzaa baathilan
Subhaanaka wa qinaa ‘adza bannaar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s