Online Storage

Standard

Sebentar lagi XDrive-nya AOL akan gulung tikar per 12 Januari 2009. Wah sedih juga, padahal baru aja kenal sama XDrive ini, sebuah tempat penyimpanan gratis online yang bisa kita gunakan untuk menyimpan semua file kita dan kita dapat akses dari mana saja.

Cari-cari penggantinya nampaknya belum ada sampai sekarang. GDrive, fasilitas seperti XDrive yang diharapkan dilauncing oleh Google juga belum nongol-nongol. Wah kapan ya kita bisa menikmati GDrive ini.

Sebagai alternatif, kita dapat menggunakan mailbox Gmail untuk menyimpan file-file kita. Lumayan kan karena kapasitasnya bisa mencapai 7 Gb. Tapi keterbatasannya ya sebuah file tidak bisa lebih dari 10 Mb. Keterbatasan lainnya adalah kurang nyaman dalam pengelolaan filenya. Sedikit ribet gitu.

Namun dekimian mailbox Gmail cukuplah untuk sementara menjadi solusinya. Untuk menggunakannya ada sebuah program kecil yang akan membuat Drive di komputer kita yang secara otomatis menjagi file manajer di mailbox Gmail. Program ini dapat diakses di sini. Setelah diinstal, di WIndows Explorer akan muncul Drive baru bernama GMail Drive seperti gambar berikut ini.GMail Drive

Untuk memfungsikan GMailDrive ini hanya dibutuhkan account Gmail saja. Anda selanjutnya dapat login/logout dan dapat berganti-ganti dari satu accoung Gmail ke account Gmail lainnya. Akses secara online dilakukan dengan membuka mailbox Gmail dan file tersebut (dalam GMail Drive) ada dalam bentuk attachment

Semoga bermanfaat.

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s