Great Ramadhan! – A month for your family

Standard

Alhamdulillah,
Sepekan lagi Bulan Ramadhan segera tiba, sudahkah kita mempersiapkannya?
Bahagiakah diri kita ketika mendegar kabar kedatangannya?

Mari kita ikuti sejenak video berikut yang membuat saya cukup merinding mendengarnya. Luar biasa!

Puasa, meskipun perut menjadi lapar, badan menjadi lemah, tapi insyaAlloh hati akan menjadi kuat, iman akan semakin menguat. Ramadhan adalah alat super canggih untuk memperbaiki diri kita. Menjadikan sosok pribadi muslim sejati, manusia yang menjadi manusia. Disamping itu juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga kita.

Keluarga, dalam Islam, memperoleh perhatian yang sangat besar, bahkan Alloh swt mengatakan bahwa hubungan pernikahan antara laki-laki dan perempuan adalah sebuah perjanjian yang sangat agung (miitsaqan ghalidhan). Di tengah-tengah ancaman serius terhadap istitusi keluarga, terutama di Barat, dimana hubungan laki-laki dan perempuan biasa terjadi tanpa ikatan pernikahan, Ramadhan dapat kita jadikan momentum untuk menguatkan ikatan keluarga kita.

Hal-hal positif yang dapat kita lakukan lebih intensif selama bulan Ramadhan dalam rangka membina keluarga diantaranya:

  1. Sahur bersama dalam keluarga. Sahur adalah amalan yang cukup berat, bagaimana tidak? Harus bangun lebih pagi untuk masak/makan pagi ditengah-tengah banyak orang lain terlelap tidur. Sebagian orang enggan untuk sahur atau mengawalkan sahur. Ini kurang sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah. Sahur terbaik adalah ketika menjelang Shubuh. Isteri bangun untuk menyiapkan makan sahur dan suami jangan enggan untuk membantunya. Kondisi saling membantu demikian sungguh akan semakin mempererat hubungan suami-isteri diantara mereka.
  2. Bawa anak-anak ke Masjid dan temani dia, bimbing dia, ajak dia sholat di samping anda, jangan biarkan sendirian yang berakibat akan membuat gaduh masjid bersama anak-anak yang lain.
  3. Berbuka puasa bersama
  4. Saling mendoakan anggota keluarga.

Selain isi dari ceramah saudara kita ini, yang membuat saya semakin merinding adalah fakta bahwa orang ini adalah orang amerika, tapi bacaan al-qurannya bagus sekali, ceramah disampaikan dengan berapi-api. Ini membuat saya semakin yakin dengan firman Alloh swt yang mengatakan bahwa kemuliaan manusia adalah terletak pada ketakwaannya. Tidak ada kelebihan bangsa arab atas bangsa lainnya. Yang membuat orang berkualitas adalah ketakwaannya kepada Alloh swt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s