Memperbesar ukuran disk Linux on Windows

Standard

Tulisan ini masih merupakan kelanjutan kotrak-katriku kemaren untuk ngejalanin Linux di Windows. Kebutuhan terhadap Linux penting untuk menjalankan SeaDAS yang hanya bisa running di Linux.

Setelah berhasil install dan jalanin andLinux, ada masalah baru dalam menginstall SeaDAS. Space disk Linux hanya sekitar 1.5 Gb, padahal SeaDAS butuh lebih dari 2Gb (minimal).

Dicari sana-sini bagaimana cara memperbesar ukuran disk Linux, akhirnya ketemu Tool di dalam folder andLinux. Tool tersebut adalah ImageResizeTool.zip yang setelah diunzip akan diperoleh toporesize-0.7.1. Dengan menjalankan toporesize.bat akan diperoleh GUI ntuk memperbesar ukuran disk. Perbesaran disk suskses dilakukan tetapi membuatnya menjadi file sistem Linux mengalami error. Jika error ini tidak diperbaiki, maka Linux on Windows tidak mau jalan.

Perbesaran file juga dapat dilakukan dengan perintah:
resize2fs di dalam DOS command prompt

Setelah browsing, cari-cari, ketemu cara mudah untuk membuat file disk Linux yang sudah diperbesar supaya tetap dikenali Linux dengan langkah-langkah berikut:

  1. Install ext2resize di root dengan perintah:
    apt-get install ext2resize
  2. Jalankan perintah berikut:
    ext2online /dev/cobd0

Tunggu beberapa saat (kasus saya, eksekusi ext2online butuh waktu sekitar 5 menit. Jika Linux prompt sudah muncul berarti proses sukses. Nah sekarang kita siap install SeaDAS lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s