3D animation

Standard

Kuliah di bidang ilmu kebumian yang tiap hari bergelut dengan peta (model permukaan bumi) dituntut untuk bisa memvisualkan kenampakan 3 dimensi walau dari gambar dua dimensi. Ada teknik tertentu untuk dapat menghasilkan kesan 3 dimensi dari gambar 2 dimensi.

Ah lupakan dulu kuliah ah…

Dalam waktu senggang, saya senang mengutak-utik beberapa software terutama grafis, seperti Adobe Photoshop, Corel, Ulead Video. Terakhir baru mencoba-coba software keluaran Macromedia (Flash, Dreamweaver, Fireworks). Ya tapi karena tidak serius dan hanya dikerjakan di waktu luang, perkembangannya kurang memuaskan.

Ketika film Finding NEMO keluar dan sempat bisa menontonnya, rasa penasaran di hati semakin besar. Dalam film tersebut, gambar animasi benar-benar tampak hidup. Ketika Nemo sedang berada di aquarium, mencoba melarikan diri melalui selang air, ketika aquarium berubah menjadi keruh, ketika Nemo berhasil lolos dengan melawati jalur WC, sungguh gambar animasi yang hidup. Pertanyaan besar sampai sekarang masih menghinggapi kepala saya adalah bagaimana gambar-gambar animasi tersebut diciptakan. Software apa yang digunakan.

Sekian lama mencari, akhirnya saya temukan sebuah software gratis yang menurut beberapa pemakainya sangat bagus, potensial untuk membuat gambar animasi 3 dimensi. Luar biasanya adalah bahwa software ini gratis atau ada dalam lisensi GNU. Nama software tersebut adalah Blender (eh…bukan alat pembuat juz ya!).

Lagi-lagi pengin banget ‘ntuk bisa eksplore software keren ini. Ah kapan ya ada waktu luang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s